Diam-Diam Facebook Pantau Percakapan Kita

Diam-Diam Facebook Pantau Percakapan Kita - Situs Jejaring sosial Raksasa Facebook saat ini mulai menggunakan sebuah teknologi yang memiliki kemampuan dapat memindai setiap percakapan dari para penggunanya. Bila didapati ada sebuah percakapan yang dirasa cukup mencurigakan, maka Facebook pun akan segera memberitahukan hal tersebut kepada pihak kepolisian.

Teknologi memindai percakapan ini mampu memantau setiap percakapan kata per kata atau frase yang menimbulkan sinyal adanya sesuatu yang mencurigakan seperti pertukaran data pribadi atau kata-kata yang dianggap vulgar.
Wah,, Ternyata Facebook Pantau Percakapan Anda
"Kami tidak ingin menyuruh pegawai kami untuk memantau jalur-jalur komunikasi pribadi, jadi penting rasanya untuk kami menggunakan teknologi yang memiliki peluang eror yang rendah dalam memindai," demikian kata pihak Facebook kepada Reuters.

Para pegawai Facebookpun tidak akan melihat hasil percakapan yang dicurigai tersebut kecuali teknologi pemindai mengirimkan sebuah notifikasi yang memberitahukan adanya pertukaran informasi pribadi tersebut. Para pegawai Facebook kemudian akan mengkaji apakah pihak polisi perlu diberitahu soal adanya komunikasi semacam itu atau tidak.

Namun Chester Wisniewski, seorang ahli keamanan senior Sophos, berpendapat bahwa "Berita soal Facebook yang satu ini bisa sangat menakutkan sekaligus mengejutkan."

Seperti yang dikutip dari Security Watch, Chester mengatakan, jika "Mayoritas penyedia layanan komunikasi cenderung menjaga jarak dengan materi percakapan dari para penggunanya. Sebab berdasarkan aturan the Safe Harbor, bukanlah menjadi salah si penyedia layanan bila ternyata penggunanya tersebut kemudian memanfaatkan jejaring sosial untuk tindakan yang berpotensi melawan hukum."

"Jika perusahaan mulai menganalisa muatan yang beredar, maka si perusahaan bisa-bisa dianggap bersalah bila tidak menghentikan aksi kejahatan," ujarnya. sumber

0 komentar:

Posting Komentar