Jenis Pertemanan Dilihat dari Panggilannya

Hubungan manusia itu macem-macem ya. Dulu kan kita udah pernah bahas macem-macem hubungan mantan, atau macem-macem hubungan yang statusnya ambigu. Hubungan yang aneh-aneh sebenernya gak cuma ada di dunia percintaan. Dalam dunia pertemanan dan persahabatan juga ada jenis-jenisnya. Dan menurut penelitian MBDC, jenis-jenis pertemanan itu bisa dibedakan dari panggilan yang digunakan. Ini nih, hasil penelitian MBDC.

Bung

Bung ini adalah panggilan akrab sesama teman atau kolega yang kerjanya jadi komentator olahraga. Mereka biasanya saling berbincang dengan bahasa Indonesia yang cukup baku, suka bikin lelucon garing, dan (sok-sok) bikin analisis tentang pertandingan, tapi sebenernya gak penting juga. Panggilan Bung ini juga pernah populer di jaman kemerdekaan, yang dipakai oleh para pejuang.

Bos

Bukan. Ini bukan panggilan untuk atasan kamu. Dan emangnya kamu temenan sama bos kamu? Bos ini biasanya dipake sama orang-orang yang belom temenan-temenan amat, terus lupa nama temen barunya ini siapa. Nah kan gak enak kalo nanya lagi siapa namanya, jadi biar asik panggil bos aja, biar kesannya gaul tapi hormat. Bos ini juga bisa kamu gunakan untuk memanggil tukang parkir atau tukang jualan, biar kesannya akrab dan kamu dibaikin. Tapi hal ini juga berlaku sebaliknya sih. Tukang parkir atau tukang jualan bisa manggil kamu bos juga, dengan harapan kamu ngasih uang lebih atau gak banyak nawar kalau mau beli barang. 

Nyet/Jing/Panggilan Kasar Lainnya 

Panggilan-panggilan yang harusnya bukan diperuntukkan sesama manusia ini biasanya dipake sama anak-anak yang baru puber dan lagi sok-sok jagoan gitu. Biar kejantanannya diakui oleh masyarakat, selain nyoba-nyoba ngerokok, mulai bandel, mereka juga musti dihormatin dong sama temen-temen. Biar asik, manggil temennya kasar gini biar kesannya gahar. Padahal disunat juga baru kemaren.

Sob/Coy/Cuy/Bok

Kalo yang ini, biasanya dipake sesama temen akrab, tapi buat lucu-lucuan aja. Enggak ada maksud terselubung dari panggilan tersebut, tapi biar pembiacaraan makin seru aja. Biasanya panggilan jenis ini bisa dipanjang-panjangin pengucapannya untuk menekankan sebuah argumen atau keseruan gosip yang lagi dibicarakan.

Ciyn

Ciyn ini sebenernya cocoknya untuk sesama pekerja salon. Tapi akhir-akhir ini mulai digunakan oleh orang-orang annoying bin nyebelin yang banyak gaya biar kesannya imut. Orang-orang yang make panggilan ciyn biasanya rese dan gak punya temen. Kalo kamu punya temen yang suka manggil-manggil pake ciyn, tinggalin aja. Kamu bisa cari temen yang lebih baik.

Nama Panggilan Khusus

Nama – nama panggilan "unik" seperti capunx, Q-bor, Abloy, Enjoy atau kata-kata absurd lainnya, biasanya muncul diantara teman-teman yang udah lama bersahabat atau di sebuah geng. Nama-nama absurd gini biasanya muncul karena atribut fisik, atau si temen kamu itu pernah sekali dikatain sama orang pake panggilan asal, tapi akhirnya nempel dan dipake terus. Ato bisa juga sih panggilan khusus ini karena kamu adalah agen rahasia, jadi identitas asli gak boleh disebut sembarangan.

Bro

Bro, atau kependekan dari Brother yang artinya "Saudara" adalah tingkat panggilan paling tinggi dan sakral antara sahabat-sahabat yang kalo pipis berdiri. Panggilan Bro ini sebenernya gak boleh dipake sembarangan dan hanya orang-orang tertentu dan yang pantas saja yang boleh dipanggil Bro. Tapi sayangnya, panggilan bro ini sekarang udah gak sakral seperti dulu, karena sering dipake seenaknya sama artis ibu kota atau penyiar radio, jadilah kesuciannya ternodai.
Sekian hasil penelitan dari MBDC. Kesimpulannya adalah, berbeda jenis dan level pertemanannya, berbeda pula panggilannya. Sedangkan sarannya adalah, stay in school and say no to drugs!


0 komentar:

Posting Komentar