Fakta Menarik Seputar Doraemon [Part 2]


Apakah Paman Kaminari mempunyai istri?
Buat sobat yang belum tahu, Paman Kaminari adalah tokoh di Doraemon, seorang om-om yang punya rumah deket lapangan yang biasa dipakai Nobita & kawan2 nya bermain baseball. Menjadi salah satu humor di dalam serial ini bahwa mereka seringkali memecahkan kaca rumah Kaminari saat bermain baseball, dan pasti Nobita-lah yang disuruh oleh Giant dan Suneo untuk mengambil bolanya dan meminta maaf…hanya agar Nobita dimarahi dan di-kejar2 oleh si Kaminari.
Saya sendiri memang belum tahu (dan belum pernah menemukan) adegan yang memberitahu apakah Kaminari memiliki istri, serta siapa nama istrinya. Maaf, saya benar2 gak tau soal yang ini. Kalau ada yang bisa bantu, beritahu saya ya…thanks
Apakah doraemon mempunyai teman sesama robot?
Wangdora (robot dora silat2 kerjaannya-di cina), Doramed(robot dora berpakaian arabic.jadi raksasa kalau marah)
Dorarinyo(pelupa-suka soccer dari brazil), Doranicov(bisu.jadi srigala kalau lihat benda bulat), Dorathekid(robot dora pd masa koboi), El matadora(robot dora di spanyol)dan Dorami.
Itulah nama teman-teman Doraemon dari serial spin-off Doraemon, yakni The Doraemons (yang sudah terbit di Indonesia).
Dan… Doraemon sendiri juga cukup sering dikunjungi oleh teman-temannya dari masa depan di serial anime-nya. Contohnya adalah Toraemon, Pawaemon, dan Gatchako. Mantan pacar Doraemon juga seekor robot kucing, namanya Noramyako.
Lalu, dalam serial spin-off lainnya yakni “Dorabase” (juga sudah terbit di Indonesia), diceritakan bahwa Doraemon memiliki teman akrab yakni Kuroemon, protagonis utama di cerita ini. Doraemon dulu-nya pitcher di teamn Kuroemon, sampai saat di mana ia harus meninggalkan tim untuk merawat Nobita
Jika pasangan Nobita adalah Sizuka. Siapa pasangan untuk Suneo dan Gian?
Maaf, untuk pertanyaan yang satu ini saya tidak tahu, karena memang belum pernah diceritakan di serial/komiknya sendiri. Ada yang bisa membantu?
Kenapa bisa sih takdir nobita bisa berubah..kan harusnya nobita menikah dengan jaiko tp kenapa mesti dengan shizuka? Andaikata nobita menikah dengan shizuka kenapa sewashi punya ingatan kalau nobita menikah dengan jaiko?
Mengapa takdir Nobita bisa berubah? Tentu saja karena intervensi dari Doraemon dan kantong ajaibnya…namun benarkah semata-mata hanya begitu?
Meski cukup samar, namun dalam salah satu episode Doraemon versi baru (serial tahun 2005), diperlihatkan bahwa sesungguhnya Shizuka juga has a romantic feeling towards Nobita bahkan tanpa intervensi peralatan Doraemon. Sayangnya, Nobita anaknya pemalas dan kurang PD, sehingga dalam alur waktu tanpa Doraemon, Nobita tidak punya keberanian untuk mendekati Shizuka. Ia pun menjadi orang gagal sepanjang hidupnya, dan selalu dirundung kemalangan. Ia menikah dengan Jaiko, karir dan pekerjaannya memburuk (bangkrut), sampai ia kabur meninggalkan keluarganya dan berakhir dengan mengenaskan…
Nah, lalu di sinilah kita sampai pada jawaban “andaikata nobita menikah denganshizuka kenapa sewashi punya ingatan kalau nobita menikah dengan jaiko?” Seperti layaknya cerita dengan unsur “perjalanan waktu” (contoh: Final Fantasy 8 dan Haruhi) yang lainnya, di dunia Doraemon sendiri terjadi “anomali waktu” yang tidak diketahui pangkalnya. Sewashi sendiri pernah menekankan, bahwa waktu dan takdir mempunyai metafora seperti ini:
Anggap takdir seperti sebuah tempat pemberhentian. Meski kita pergi ke sana dengan menggunakan bus, atau mobil, atau kendaraan lain… namun kita tetap bisa sampai di sana dengan baik.
Intinya, Sewashi menekankan bahwa pada titik singularitas alur waktunya, Nobita menikah dengan Jaiko dan mempunyai anak, namun hidupnya diundung malang dan mengenaskan. Anak Nobita menikah, mempunyai keturunan…terus dan terus sampai masa Sewashi. Pada era Sewashi. teknologi sudah sedemikian canggihnya hingga ada mesin waktu dan manusia bisa memeriksa apa yang terjadi di masa lalu. Sewashi yang menemukan bahwa nenek moyangnya yakni Nobita mengalami sejarah hidup yang buruk, merasa kasihan dan mengirimkan Doraemon ke masa Nobita. Nah, Doraemon menjadi penyebab perubahan kehidupan Nobita, yang mampu mengelaurkan potensi2 tersembunyinya dan berhasil menikah dengan Shizuka. Mereka hidup makmur dan mempunyai anak (Nobisuke) yang juga menikah, mempunyai keturunan…terus dan terus… dan akhirnya menghasilkan Sewashi pula
Urutannya begini:
Nobita (tanpa Doraemon) -> Menikahi Jaiko -> Punya anak -> Punya cicit -> Lahirlah Sewashi -> Doraemon diciptakan, Sewashi membelinya -> Sewashi memeriksa sejarah kakek-kakek-kakek buyutnya (Nobita) -> Seashi yang kasihan, mengirim Doraemon -> Nobita (dengan Doraemon) -> Kehidupan Nobita jauh membaik -> Menikahi Shizuka -> Punya anak -> Punya cicit -> Lahirlah Sewashi (result yang ada sama, ini yang menjelaskan mengapa Sewashi tidak menghilang meski takdir Nobita berubah dan ia malah menikahi Shizuka alih-alih Jaiko)
Bagaimana? Bingung? Memang… inilah kelebihan sekaligus kelemahan cerita yang mempunyai unsur perpindahan waktu. Loop yang ada memang menarik disimak, namun karena tidak diketahui singularitas keberapakah titik awal dari semua perubahan ini, cerita ini jadi membingungkan
Demikian penjelasan saya, maaf jika kurang memuaskan.
Kenapa nobita harus kelas 5 sd dan sampai sekarang pun masih kelas 5 sd?
Untuk tambahan saja, Nobita sesungguhnya kelas 4 SD… namun dalam versi Indonesia ia adalah kelas 5 SD.
Sampai saat ini, belum ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan agan yang satu ini. Namun, saya hanya bisa memberi dugaan bahwa memang seperti itulah keinginan Fujiko Fujio. Fujiko Fujio pernah menyampaikan bahwa mereka ingin membuat cerita yang bersifat edukatif untuk semua umur, termasuk anak-anak. Nobita dan kawan-kawannya terus-menerus kelas 5 SD agar serial Doraemon ini bisa terus ditonton oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Kalau Nobita dan kawan-kawannya bertambah besar, lalu perasaan “semi-romantisme” alias cinta nyomet Nobita ke Shizuka berubah jadi romantisme beneran, nanti cerita Doraemon nggak layak tonton buat anak2 dong?
Ada keterangan lebih lanjut tentang fujiko fujio? Apa dia masih hidup sampai saat ini?
Hanya salah satu dari mereka sudah meninggal. Ya, banyak yang belum tahu bahwa Fujiko Fujio adalah 2 orang (Fujiko F. Fujio dan Fujiko A. Fujio). Duo ini pecah tahun 1987. Kemudian, Fujiko F. Fujio meninggal pada 23 September 1996 karena penyakit pada liver-nya Fujiko A. Fujio sendiri menurut kabar, belum meninggal sampai saat ini.
Hanya saja, karena sejak pecahnya duo ini semenjak 1987, Fujiko F. Fujio meneruskan karya ini sendirian di bawah pen-name nya… sehingga beliau yang mendapat hak dan royalti penuh atas Doraemon.
Pengisi suara karakter Doraemon di Indonesia adalah Nurhasanah, kemudian sempat diganti (tapi saya lupa nama penggantinya), kemudian menjadi Nurhasanah lagi sejak munculnya Movie Doraemon: Petualangan Nobita dan Dinosaurus (remake)
Kenapa Doraemon sering dikira musang?
Wah, satu lagi pertanyaan yang agak sukar cari jawabannya, karena tidak pernah ada alasan yang benar-benar jelas. Mungkin ini semacam pun (gurauan) saja dari Fujiko F. Fujio. Musang dan cerpelai menurut kebudayaan Jepang adalah hewan yang tricky dan memiliki banyak akal, mungkin sesuai dengan image Doraemon yang “ajaib” dengan segala perlatannya tersebut. Dan Doraemon kalau sekeliling matanay diwarnai hitam memang agak mirip musang ketimbang kucing…
Siapa nama pacar Doraemon yang adalah kucing asli?
Namanya adalah Mii-chan
Mengenai Ending Doraemon yang Sebenarnya
Pasti sudah banyak yang tahu, bahwa jawaban pastinya jelas: serial Doraemon sampai saat ini belum memiliki ending resmi
Serial Doraemon utama (dalam format manga) sendiri seperti yang kita tahu, terbit hanya sampai volume ke-45. Chapter terakhir dari volume tersebut pun sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa itu adalah ending, dan manga Doraemon pun terhenti sampai volume 45 tersebut tanpa ada kelanjutannya.
Penyebab utamanya adalah pecahnya duoa Fujio Fujiko pada tahun 1987 dan meninggalnya Fujiko F Fujio pada 1996 tanpa adanya kejelasan dan persetujuan dari Fujiko F Fujio sendiri dengan penerbit yang ada pada masa itu, sehingga manga Doraemon sendiri tidak bisa dikatakan memiliki ending, bahkan sampai saat ini.
Namun, Doraemon sendiri pernah “memiliki” ending di tengah-tengah, yakni pada Maret 1972 di majalah Shogaku-4-nensei, di mana Doraemon menyatakan bahwa ia harus pergi kembali ke masa depan (abad 22) gara2 ada permasalahan dengan mesinnya dan Nobita harus merelakannya pergi. Nobita pada awalnya tidak rela, namun setelah diyakinkan oleh Doraemon, akhirnya ia berbesar hati. Doraemon pergi setelah Nobita berjanji mau menunggunya dan berusaha untuk dirinya sendiri selama Doraemon tidak ada, Akhirnya Doraemon pun kembali.
“Ending” tersebut sempat mau dijadikan ending dari serial anime-nya juga, karena, di luar pengetahuan kita, ternyata anime Doraemon pada awalnya tidak begitu laku. Namun, kalau kehendak Tuhan sudah terjadi, siapa yang dapat menyangka? Ternyata, manga Doraemon memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya dan permintaan untuk melanjutkan serial Doraemon di majalah tersebut semakin meningkat. Akhirnya, bulan depannya, serial manga Doraemon di-”restart” ulang, meskipun ending yang disebutkan diatas tidak dicetak ulang. Di anime-nya pun, pada tahun 1981 kedatangan Doraemon kembali ini dibuat menjadi episode khusus “Doraemon Comes Back” dan pada tahun 1998, episode ini dirilis sebagai sebuah TV Movie.
Lalu, bagaimana dengan nasib manga Doraemon? Ya itu tadi, karena banyak permintaan dari penggemar, maka manga tersebut dilanjutkan. Pada Maret 1973, sebuah “arc” ditambahkan pada “ending” di atas sehingga menjadi seperti ini:
Nobita kembali dijahili Giant dan ia seperti biasa, pulang dan mengadu kepada Doraemon. Tanpa ia sangka, Doraemon malah menasihatinya agar mandiri dan menyatakan bahwa ia harus pergi kembali ke masa depan (abad 22) gara2 ada permasalahan dengan mesinnya dan Nobita harus merelakannya pergi. Nobita pada awalnya tidak rela, namun setelah diyakinkan oleh Doraemon plus membicarakan hal ini dengan orang tua Nobita, akhirnya ia berbesar hati. Nobita dan Doraemon berjalan-jalan ke taman untuk “mengenang persahabatan mereka.” Nobita berjanji pada dirinya sendiri untuk tidak merepotkan Doraemon, dan pernyataan ini membuat Doraemon terharu dan berkata pada Nobita bahwa ia pergi ke arah lain sebentar untuk meredakan keharuannya. Di tengah jalan, Nobita yang sendirian bertemu Giant dan berkelahi. Nobita, yang sudah memutuskan untuk tidak membuat Doraemon khawatir sehingga bisa pulang dengan tenang, melawan Giant dengan sekuat tenaganya sampai habis-habisan. Meski sudah babak belur, Nobita tidak menyerah dan terus mendorong Giant. Giant, karena frustasi bercampur takut dan juga kasihan melihat Nobita bersikap begitu, akhirnya mengaku kalah. Doraemon akhirnya menemukan Nobita di lapangan, sudah tepar gara2 berkelahi dengan Giant. Nobita, dengan muka lebam dipapah Doraemon yang tersenyum terharu gara-gara keberanian Nobita. Nobita berkata “Lihat Doraemon, aku menang kan. Aku juga bisa, meski tidak mengandalkan bantuanmu. Kini kamu bisapulang dengan tenang.” Doraemon hanya tersenyum, dan ia membaringkan Nobita di futon-nya dan menyelimutinya. Doraemon menemani Nobita yang tertidur sepanjang malam dengan terharu dan lega. Esok paginya, Doraemon sudah kembali ke masa depan.
Namun di chapter berikutnya, ternyata tanpa Doraemon, hidup Nobita tidaklah mudah. Ia terus menerus dijadikan bahan bullying oleh Giant dan Suneo. Meski Nobita sudah berjanji tidak lagi merepotkan Doraemon, lama2 ia stress juga. Puncaknya adalah bahwa pada April Mop, Giant dan Suneo dengan kejamnya membohongi Nobita bahwa mereka melihat Doraemon sudah kembali dari masa depan. Nobita yang sangat sayang dengan Doraemon, langsung saja menghambur ke rumahnya, hanya untuk mendapati bahwa Giant dan Suneo sudah membohonginya. Nobita kesal dan mulai menangis, namun tiba-tiba ia menemukan kotak berbentuk Doraemon. Di dalamnya ada secarik kertas yang berbunyi “Dalam keadaan terdesak, gunakan ini. Ramuan ini bernama USO800, dan apapun yang kamu katakan akan jadi bohong.”
Nobita, dengan semangat penuh pembalasan dendam (eng ing eng ) minum USO800 dan berhasil mengerjai Giant dan Suneo dengan berkata bahwa hari cerah (menjadi hujan), dan sebagainya…pokoknya semua ucapan Nobita akan menjadi benar-benar BOHONG. Giant dan Suneo berhasil ia takut-takuti. Nobita, tiba-tiba kehilangan gairah untuk mengerjai orang. Ia merasa dirinya hampa tanpa Doraemon. Di rumah, ia bertanya pada ibunya apakah Doraemon sudah pulang ke zaman Nobita, dan tentu saja ibunya menjawab “Belum.” Nobita, yang sadar bahwa Doraemon kemungkinan besar tidak akan pernah kembali ke abad 20, mulai menangis dan kecewa, lalu berkata “Doraemon tidak akan pernah kembali…” dan…
Berkat efek USO800, tentu saja itu juga jadi bohong! Doraemon tahu2 muncul kembali dari laci meja belajar Nobita…dan setelah menyadari bahwa Nobita sudah minum USO800, mereka berdua berpelukan sambil berkata “Aku sangat tidak bahagia! AKhirnya kita tidak bisa bersama lagi selamanya!”
Kedua chapter mengenai “Ending di tengah-tengah” ini dimuat di tankoubon Doraemon volume 7. Silahkan agan2 kembali ubek2 lagi koleksi lama Doraemon
Nah…lalu bagaimana setelah itu? Ya… ternyata serial Doraemon mengalami lonjakan fans baik dari manga dan anime-nya, membuahkan beratus-ratus chapter manga dan episode anime seperti yang kita ketahui sekarang. Meski demikian, manga utama Doraemon memang “berhenti” di 45 karena alasan2 yang sudah disebutkan di atas. Sementara anime-nya terus berlanjut sampai sekarang, yang terbaru adalah season keempat yang dimulai dari 1 Mei 2009 di TV Asahi, sampai sekarang. Season ini rencananya akan ditayangkan di Nickelodeon of South East Asia untuk negara2 di Asia Tenggara mulai July 2010… jadi kemungkinan besar serial anime Doraemon yang terbaru, sama seperti The Legend of Aang dan SpongeBob bisa jadi akan masuk Indonesia dan bisa kita nikmati bersama lewat Nickelodeon nih… dimohon doanya aja ya agan2 sekalian
Dan seperti yang kita tahu, Doraemon terus “menelurkan” movie tiap tahunnya, yang dalam versi manga-nya kita kenal sebagai “Doraemon Petualangan”
Mengenai “Ending” Doraemon yang adalah Doujinshi
Lalu bagaimana dengan sebuah chapter terkenal mengenai Nobita sebagai si pembuat Doraemon? Ya, harus diakui bahwa chapter yang satu itu memang sangat mengesankan dan “menjadi masuk akal” dari segi cerita. Saya sendiri adalah salah satu fans dari “ending” tersebut… namun perlu kembali saya tekankan di sini bahwa Doraemon tidak, atau belum memiliki ending resmi.
Ya, ending tersebut adalah sebuah doujinshi, karya buatan orang lain yang bukan pembuat asli dari Doraemon (mengingat doujinshi ini terbit pada 2005 padahal Fujiko F Fujio sendiri sudah meninggal lama sebelumnya pada 1996). Endiing yang satu ini ditulis skenarionya oleh Nobuo Sato dan dibuat format manganya oleh Tajima T Yasue pada tahun 2005. Di luar dugaan, ending ini sangat populer lho gan, bahkan nggak cuma di Jepang saja, sampai2 Shogakukan sendiri selaku pemegang resmi penerbitan manga Doraemon, kudu turun tangan sendiri buat menghentikan dicetaknya doujin yang satu ini dan menyita semua kopi yang ada. Tajima T Yasue sendiri meminta maaf secara resmi pada Shogakukan pada 2007 setelah membayar sejumlah uang “ganti rugi.” Sebenarnya ane rada simpati gan sama si Tajima ini … kan dia sebenarnya cuma salah satu doujinka yang juga ingin agar persahabatan Doraemon dan Nobita tetap abadi bahkan di masa depan, tapi ya sudahlah…
Nah, selain “ending jadi2an” tsb, masih banyak doujinshi buatan para penggemar Doraemon lainnya yang mencoba “menamatkan Doraemon”. Beberapa di antaranya yang cukup terkenal:
1) Nobita ternyata adalah anak yg mengidap autisme akut, dan segala “petualangan” dia dengan Doraemon dan kawan-kawan hanyalah mimpi dan angan-angannya belaka. Saking parahnya ending ini, pembaca yang mengira ini “beneran” langsung demo di luar kantor penerbit lho Untung akhirnya mereka paham dan tahu bahwa itu hanyalah sebuah doujinshi
2) Yang ini bakalan rada menyedihkan Karena cerobohnya nggak ketulungan, kepala Nobita terantuk batu dan ia mengalami luka para sampai coma dan masuk ke kondisi sub-vegetatif Untuk mencari biaya bagi operasi Nobita, Doraemon menjual semua alat dari Kantong 4 Dimensi-nya. Sayangnya, operasi tsb gagal dan Doraemon ternyata masih menyisakan satu alat yang belum ia jual, yakni sejenis mesin waktu yang bisa membawa Nobita ke era dan waktu manapun yang Nobita inginkan. Pada akhirnya, tempat yang paling ingin Nobita kunjungi adalah Surga
Demikianlah beberapa “alternative endings” lainnya buatan para penggemar… Banyaknya ending jadi-jadian ini justru menunjukkan betapa dunia mencintai Doraemon Semoga dengan post yang satu ini, membuat kita semua mampu memahami bahwa Doraemon sendiri belum memiliki ending resmi, namun dengan ending atau tanpa ending, kita tentunya tetap mencintai serial robot kucing yang satu ini. sumber

0 komentar:

Posting Komentar