Kenapa Menara Pisa Italia Miring Ya?


Kenapa Menara Pisa Italia Miring Ya? - Menara pisa merupakan salah suatu objek pariwisata dunia dan salah satu keajaiban dunia. Namun nama sebenarnya bukanlah menara Pisa, tetapi dalam bahasa Italianya Terre Pendente. Karena keberadaannya di kota Pisa, di Tuscany yang mana adalah wilayah tengah dari Italia, maka gelar menarapun dinamakan menara Pisa. Namun bagaimana ceritanya, mengapa menara ini bisa miring..??

Bunanno da pisa, sang arsitek melakukan kesalahan saat membangun menara itu pada tahun 1174. Kesalahannya adalah mendirikan pondasi hanya sedalam tiga meter. Bisa dibandingkan dengan tinggi menara yang mencapai 56 meter. Akibatnya di tengah pelaksanaan proyek, tanah di sekitar menara bergeser, dan menara menjadi miring. Kemudian proyek harus dihentikan. Proyek pembangunan dilanjutkan kembali dan selesai tahun 1350, dengan tiga dari delapan tingkatannya dibangun vertikal untuk mengubah titik gravitasi menara yang telah melenceng hampir 5,1 meter dari design semula.

Walaupun sudah dikoreksi, menara itu tetap bergerak miring hingga sekarang, dan selalu bertambah miring beberapa milimeter per tahun.
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar