Tiram 150 Juta Tahun Dipercaya Menyimpan Mutiara Besar

Tiram 150 Juta Tahun Dipercaya Menyimpan Mutiara Besar - Sebuah fosil tiram prasejarah yang berusia sekitar 150 juta tahun baru saja ditemukan oleh nelayan di lepas pantai selatan Inggris. Saat memindai para peneliti menemukan sebuah benda misterius yang halus seukuran bola golf berada di dalamnya. Tiram tersebut dipercaya berisi ibu dari semua mutiara di seluruh dunia. 

"Memiliki mutiara seukuran bola golf adalah sesuatu yang luar biasa," kata ahli perhiasan Geoffrey Munn. "Mutiara terbesar yang pernah tercatat hanya berukuran setengahnya." 

Benda misterius tersebut diduga sebagai mutiara yang bisa bernilai ribuan poundsterling. Namun untuk mengungkap induk mutiara itu para peneliti harus menghancurkan mutiara tersebut. Akhirnya mereka memilih tidak mengeluarkan benda misterius itu dan menyimpan tiram di Blue Reef Aquarium di Portsmouth untuk digunakan sebagai bahan studi. 

"Fosil ini ditemukan di jaring kapal nelayan yang melakukan pengerukan di Solent," ujar Lindsay Holloway dari Blue Reef Aquarium. Awalnya para nelayan mengira bahwa ini adalah tiram hidup namun diketahui itu adalah fosil saat mereka membersihkannya. Karena tiram berukuran 7 inci itu telah benar-benar berubah menjadi batu. 

Usia tiram bisa diketahui dengan cara menghitun lingkaran di cangkangnya. Sedangkan fosil tiram itu memiliki 200 lingkaran yang membuatnya sebagai tiram dengan umur terpanjang.
sumber

0 komentar:

Posting Komentar