7 Makanan Tak Bikin Gemuk yang Mengenyangkan


7 makanan Mengenyangkan Tapi Tak Bikin Gemuk
7 Makanan Tak Bikin Gembok yang Mengenyangkan - Ingin disiplin menjalani diet sehat? Maka mulailah ngemil. Kebiasaan ngemil bisa membantu mengontrol rasa lapar dan mengurangi ukuran porsi saat makan besar. Tapi perlu diingat, ngemil di sini bukan mengudap keripik kentang, kraker rasa keju atau cookies rasa cokelat.1. Jagung & Kacang Polong Beku
Sayuran beku sama manfaatnya dengan sayuran segar bahkan pada jenis tertentu memiliki nutrisi lebih banyak. 1/2 cangkir kacang polong memiliki 55 kalori dan 3 gram serat. Sedangkan jagung 72 kalori dan 2 gram serat. Karena kaya serat dan rendah kalori, kedua sayuran ini memberi rasa penuh pada perut. Saat dimakan dalam keadaan beku, teksturnya jadi lebih keras namun tetap mudah dikunyah dan meleleh di mulut. Sehingga menimbulkan sensasi seperti makan kacang yang renyah.
2. Apel & Selai Kacang
Studi di Brazil menunjukkan, konsumsi tiga apel sehari bantu mengontrol bahkan mengurangi berat badan. Menurut Rui Hai Lui, Ph.D., yang ahli dalam meneliti apel di Cornell University, "Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan buah dan sayur. Makanan ini meningkatkan volume sekaligus menurunkan kepadatan kalori. Potong apel menjadi empat bagian dan oleskan satu sendok teh selai kacang di atasnya. Hanya 100 kalori, dan sudah membuat Anda kenyang.
3. Oatmeal
Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar mendera, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Jika ingin pemanis, tambahkan satu sendok teh maple syrup atau madu murni.
4. Keju Cheddar
Jangan takut untuk mengonsumsi keju, selama jumlahnya tidak berlebihan. Satu tangkup roti gandum dengan isian keju, tomat ceri dan ketimun di dalamnya cukup untuk menghilangkan rasa lapar plus memenuhi kebutuhan protein harian.
5. Kacang Tanpa Garam
Berbagai jenis kacang, khususnya kacang tanah dan almond memiliki kandungan protein tinggi, asam lemak omega-9, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium dan rendah gula. Selain itu, keduanya juga rendah kalori dan lemak jenuh. Disarankan mengonsumsi kacang sebagai pengganti camilan, tapi hanya kacang yang tidak diberi garam.
6. Omelet
Omelet telur dengan beberapa potong kentang rebus mengandung karbohidrat dan protein yang mengenyangkan dan kaya energi, namun rendah kalori. Buatlah omelet berisi potongan sayur beku, dan goreng dengan sedikit minyak.
7. Popcorn
Ternyata popcorn tidak masalah jika dimakan saat malam hari, asalkan Anda tidak menuang mentega cair atau bumbu-bumbu olahan diatasnya. Popcorn merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik dan juga rendah kalori.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar