"Rafflesia Park" Tempat Cocok Untuk Melihat Bunga Raksasa

img
"Rafflesia Park" Tempat Cocok Untuk Melihat Bunga Raksasa - Juni sampai Desember adalah waktu paling baik untuk melihat Rafflesia. Anda bisa melihat bunga raksasa endemik Indonesia ini mekar sempurna di Pusat Konservasi Alam Batang Palupuh, Sumatera Barat.

Rafflesia tersohor sebagai salah satu bunga terbesar di dunia. Bunga ini banyak ditemukan di bagian barat dan tengah Indonesia, terutama Pulau Sumatera. Nama Rafflesia berasal dari Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang menugaskan ekspedisi hutan hujan tropis pada 1818 silam.

Bunga ini baru mekar di musim hujan, antara Juni-Desember tiap tahunnya. Tempat terbaik untuk melihat bunga ini adalah di Rafflesia Park, yang menjadi bagian Pusat Konservasi Alam Batang Palupuh.

Mengutip situs resmi pariwisata Indonesia pada Jumat (10/7/2012), pusat konservasi tersebut terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jaraknya hanya 10 kilometer dari Kota Bukittinggi. Walaupun memiliki banyak spesies flora lain, area seluas 3,4 hektar ini fokus membudidayakan Rafflesia.

Ada tiga tipe Rafflesia yang tersebar di area ini. Ada Rafflesia Arnoldii yang ukurannya paling besar, berdiameter 1,5 meter saat mekar sempurna. Selain itu ada pula Rafflesia Arizentis dan Rafflesia Oumor Pupolus Titanum.

Untuk menyusuri area konservasi ini, wisatawan bisa menyewa pemandu di bagian pusat informasi. Anda akan dibawa menyusuri jalan setapak sepanjang 1-2 kilometer untuk melihat aneka Rafflesia!


img
img
sumber

0 komentar:

Posting Komentar